kata mutiara persahabatan menyentuh hati

kata mutiara persahabatan - Kali ini kita akan bicara mengenai persahabatan. Apa sih pengertian  sahabat? Sebagian besar orang akan menjawab “sahabat adalah orang yang menyayangi kita, orang yang bisa memahami kita, orang yang senantiasa hadir saat kita membutuhkan, mau berbagi, orang yang mau mendengar keluh kesah kita, orang yang mau bersahabat dengan kita apa adanya, yang mendekat saat seluruh dunia menjauh, dan sebagainya". Tapi memang persahabatan itu bukan dinilai dari sejauh dan sedalam kita kenal dengan orang tersebut, melainkan sedalam apa kita memahami orang tersebut.

Ada pernyataan seorang sahabat, “ Saya tidak berharap untuk jadi orang yang terpenting dalam hidup kamu, itu permintaan yang terlalu besar. Saya cuma berharap suatu hari nanti kalau dengar nama saya, kamu bakal tersenyum dan bilang, dia sahabat saya". Pernyataannya sungguh sangat mencerminkan begitu tulusnya dia menjalani persahabatan. Mungkin saking sayangnya kita sama sahabat, kalian pernah saling meminjam barang atau uang pada sahabat, ini wajar. Tetapi di luar itu semua, seorang sahabat tidak mengharap apapun dari Anda. Tidak mengharap Anda akan memberikan sesuatu dalam bentuk materi atau keuntungan lain. Mereka hanya ingin berbagi bersama Anda dan saling menopang. Tidak ada imbalan yang akan mereka minta sebagai bentuk balas jasa. Sekalipun kita dalam kondisi susah, melarat, jatuh miskin dan tidak memiliki apapun, mereka akan ada di samping , masih menjadi sahabat yang sama baiknya seperti pada saat kita sukses dan bahagia. Mereka selalu membagi energi, pikiran, waktu, tenaga dan berbagai hal lain untuk kita. Tidak mudah melakukan semua itu tanpa imbalan, mereka adalah harta yang harus kita jaga. Berikut ini saya akan share, kata mutiara persahabatan yang menggambarkan betapa pentingnya arti sahabat dalam hidup kita.


Persahabatan adalah penentuan kebutuhan jiwa. Ladang hati yang dengan kasih kalian taburi dan kalian pungut buahnya penuh rasa terima kasih. Naungan sejuk keteduhanmu, api unggun kehangatan jiwa. Karena kalian menghampiri di kala hati gersang kelaparan dan mencarinya di kala jiwa perlu kedamaian.

Sahabat yang sejati adalah orang yang dapat berkata benar kepada anda, bukan orang yang hanya membenarkan kata-kata anda

Sesungguhnya persahabatan itu lebih unggul daripada percintaan
Tanpa persahabatan, percintaan akan berakhir
Tetapi tanpa percintaan, sahabat boleh kekal
Oleh itu, hargailah persahabatan yang terjalin
Kerana sahabat mewakili suatu kekuatan

Selemah-lemah manusia ialah orang yg tak boleh mencari sahabat dan
orang yang lebih lemah dari itu ialah orang yg mensia-siakan sahabat yang
telah dicari

Bertemanlah dengan orang yang suka membela kebenaran.
Dialah hiasan dikala kamu senang dan perisai diwaktu kamu susah.

Teman yang banyak boleh diibaratkan seperti pasir pasir di pantai tetapi sahabat adalah mutiara di antara pasir pasir itu.

Setitik kasih membuat kita sayang….
Seucap kata membuat kita percaya…
Sekecil luka membuat kita kecewa…
Tetapi sebuah persahabatan akan selamanya bermakna…

Mempunyai satu sahabat sejati lebih berharga dari seribu teman yang mementingkan diri sendiri.

Sahabat sejati adalah mereka yang sanggup berada disisimu ketika kamu memerlukan sokongan walaupun saat itu mereka sepatutnya berada di tempat lain yang lebih menyenangkan.

Persahabatan diwarnai dengan berbagai pengalaman suka dan duka, dihibur-disakiti, diperhatikan-dikecewakan, didengar-diabaikan, dibantu-ditolak, namun semua ini tidak pernah sengaja dilakukan dengan tujuan kebencian.

Seorang sahabat tidak perlu selalu ada saat senang karena sahabat yg baik selalu senang bisa hadir saat keadaan susah

Orang yang rugi ialah orang yang tidak memperoleh sahabat…
dan yang paling rugi ialah yang ditinggalkan oleh sahabat

Bergaullah dengan manusia sebaiknya
Sehingga kalau kamu mati mereka tangisi
Dan kalau hidup mereka selalu merindui kamu

Cukup sahabat yang jujur lebih besar harganya daripada harta benda yang diwarisi dari nenek moyang.

Cinta bisa buat orang bahagia, uang bisa buat dunia berputar, tapi sahabatlah yang membuat hidup lebih berarti.

Orang yang melanggar aturan memang disebut sampah, tetapi Orang yang meninggalkan sahabatnya lebih rendah dari sampah

Sahabat sejati adalah ia yang meraih tangan anda dan menyentuh hati anda.

Seorang sahabat adalah yang dapat mendengarkan lagu didalam hatimu dan akan menyanyikan kembali tatkala kau lupa akan bait-baitnya.

Teman tertawa bagaikan air di daun keladi walau tercurah namun tak berkesan. Tapi sahabat sejati bagai air lalu walau terpisah ia tak mungkin akan putus.

Persahabatan sejati layaknya kesehatan, nilainya baru kita sadari setelah kita kehilangannya.

Kamu mungkin akan melupakan orang yang tertawa denganmu, tetapi tidak mungkin melupakan orang yang pernah menangis denganmu.

Apa yang kita alami demi teman kadang-kadang melelahkan dan menjengkelkan, tetapi itulah yang membuat persahabatan mempunyai nilai yang indah.

Seorang sahabat tidak akan menyembunyikan kesalahan untuk menghindari perselisihan, justru karena kasihnya ia memberanikan diri menegur apa adanya.

Persahabatan sering berakhir dengan cinta, Tetapi cinta kadang berakhir bukan dengan persahabatan.

Air Mata tak Selalu Menujukkan Kesedihan, Terkadang Karena Kita Tertawa Bersama Sahabat Kita.

Persahabatan adalah hal tersulit untuk dijelaskan di dunia ini. Dan, ini bukan soal apa yang anda pelajari di sekolah. Tetapi, bila anda tidak pernah belajar makna persahabatan, anda benar-benar tidak belajar apa pun.

Persahabatan yang begitu erat punya pengertian yang dalam bagi kita yang menghargainya.

Janganlah kita memandang rendah arti persahabatan, kerana dalam hidup ini kita tidak mampu melangkah seorang diri tanpa seorang sahabat.

Sahabat tidak pernah membungkus pukulan dengan ciuman, tetapi menyatakan apa yang amat menyakitkan dengan tujuan sahabatnya mau berubah.

Jika Tuhan menciptakan pelangi tuk mengindahkan langit, maka Tuhan menciptakan sahabat tuk keindahan hidup anda.

Persahabatan yang mengalir dari hati tidak bisa dibekukan oleh kesengsaraan.

Persahabatan sering menyuguhkan beberapa cobaan, tetapi persahabatan sejati bisa mengatasi cobaan itu bahkan bertumbuh bersama.

Persahabatan tidak terjalin secara otomatis tetapi membutuhkan proses yang panjang seperti besi menajamkan besi, demikianlah sahabat menajamkan sahabatnya.

Sahabat yang beriman ibarat mentari yang menyinar. Sahabat yang
setia bagai pewangi yang mengharumkan. Sahabat sejati menjadi pendorong
impian. Sahabat berhati mulia membawa kita ke jalan Allah.

Proses dari teman menjadi sahabat membutuhkan usaha pemeliharaan dari kesetiaan, tetapi bukan pada saat kita membutuhkan bantuan barulah kita memiliki motivasi mencari perhatian, pertolongan dan pernyataaan kasih dari orang lain, tetapi justru ia berinisiatif memberikan dan mewujudkan apa yang dibutuhkan oleh sahabatnya.

Persahabatan yang akrab tidak akan dapat dipisahkan melainkan dengan kematian.

Supaya engkau memperoleh sahabat, hendaklah diri engkau sendiri sanggup menyempurnakan menjadi sahabat orang.


Memang ARTI SAHABAT terlalu sulit untuk di definisikan, namun arti hadirnya dalam hidup kita begitu besar. Apakah anda sudah menemukan Sahabat sejati ? bagi kalian yang memang sudah punya sahabat, jagalah dia! Karena sahabat lebih berharga melebihi berharganya harta yang kalian miliki.